SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah     :  Pengembangan Materi PAI 1

Jumlah Kridit                :  3 sks

Semester                        :  IV (Empat)

Fak./Jurusan                 :  Tarbiyah/ PAI

———————————————————————

Standar Kompetensi   : Secara substantif mata kuliah ini  dirancang dengan maksud untuk menfasilitasi mahasiswa agar memiliki pemahaman secara teoritik tentang Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah/madrasah dan mampu mendidikkannya kepada peserta didik pada jenjang pendidikan dasar & menengah,  memahami hakekat materi PAI di sekolah/madrasah, memahami karakteristik dan struktur keilmuan  materi PAI di sekolah/madrasah, memahami landasan pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah/madrasah, menguasai materi PAI aspek alQur’an, Hadits, Aqidah/keimanan, Akhlak, Tarikh/SKI, Fiqh di SD/MI.

 

Kompetensi Dasar dan Hasil Belajar

Uraian Materi

Pengalaman Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/ Alat

Mamahami hekekat makna PAI di sekolah/madrasah Pengertian PAI dan unsur-unsur dasarnya

Reading guide dan membuat  peta konsep tentang pengertian, dan unsur-unsur PAI.

(life skill; menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).

q  Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan tentang pengertian, dan unsure-unsur PAI

q  Menunjukkan sikap berfikir kritis, analitis, logis, dalam melihat makna PAI.

q  Berprilaku positif yang selalu mencerminkan nilai-nilai PAI dalam kehidupan sehari-hari.

CAT

(secara acak beberapa orang  mem-bacakan kesimpulan akhir)

 

 

1 x pert.

(150 m)

Diknas dan Depag, KHB PAI KBK 2004

Muhaimin, et. al. Paradigma pendidikan Islam.

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI

Ahmad tafsir, Metode Pendidikan Agama Islam.

Memahami tujuan dan fungsi PAI di sekolah/ madrasah Fungsi dan tujuan PAI di sekolah/madrasah. Information search dalam KHB PAI tentang fungsi dan tujuan PAI di sekolah/madrasah.

(life skill; menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).

q  Mahasiswa dapat menyebutkan secara tertulis dan lisan tentang fungsi dan tujuan PAI di sekolah/madrasah

q  Menguraikan  secara lisan dan tulisan tentang hakekat kandungan masing-masing fungsi PAI.

q  Menguraikan  secara lisan dan tulisan tentang demensi-demensi pengembangan tujuan materi PAI pada jenis dan jenjang pendidikan di madrasah dan sekolah.

CAT

(setiap indi-vidu mem-buat rangku-man tertulis apa yang didapat dari pertemuan hari ini)

 

1 x pert.

(150 m

Diknas dan Depag, KHB PAI KBK 2004

Muhaimin, et. al. Paradigma pendidikan Islam.

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI .

Ramayulis, Metodologi Pembelajaran PAI.

Metode Pendidikan Agama Islam.

Memahami ruanglingkup dan karakteristik materi PAI di madrasah dan sekolah. Ruangling-kup dan karakteris-tik materi PAI di sekolah dan madrasah

Reading guide dan membuat peta konsep tentang Ruanglingkup dan karakteristik materi PAI di sekolah madrasah

(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan tentang ruanglingkup dan karakteris-tik materi PAI di sekolah/madrasah

q  Menunjukkan sikap berfikir kritis, analitis, logis, dalam melihat ruanglingkup dan karakteristik  materi PAI pada jenis dan jenjang pendidikan di madrasah dan sekolah.

 

CAT

(secara acak beberapa orang  mem-bacakan kesimpulan akhir)

 

1 x pert.

(150 m

Diknas dan Depag, KHB PAI KBK 2004

Muhaimin, et. al. Paradigma pendidikan Islam.

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI

Metode Pendidikan Agama Islam.

Memahmi landasan teoritik pelaksana-an pembelajaran  materi PAI di sekolah/ madrasah dan lembaga pendidikan keagamaan. Landasan pelaksanaan pembelajaran PAI di Indonesia Diskusi kelompok tentang   Landasan pelaksanaan pembelajaran PAI di Indonesia

(life skill; bekerjasama, menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Dapat menjelaskan secara lisan maupun tertulis tentang pengertian Landasan pelaksanaan pembelajaran PAI di Indonesia.

q  Mampu mengkritisi dan menganalisis landasan yuridis, religius, dan sosio-kultural pelaksanaan PAI di Indonesia.

q  Menunjukkan sikap komitmen dalam melaksanakan pembelajaran PAI sesuai dengan landasan yang di pahami.

 

CAT

(setiap indi-vidu mem-buat rangku-man tertulis apa yang didapat dari pertemuan hari ini)

 

 

2 x pert.

(150 x 2)

Muhaimin, et. al. Paradigma pendidikan Islam.

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI .

Zuhairini, dkk.

Metodologi Pendidikan Agama

Ramayulis, Metodologi Pembelajaran PAI.

Memahami sejarah dan perkembangan pembelajaran materi PAI di sekolah/madrasah dan lembaga pendidikan keagamaan (LPK) Sejarah dan perkemba-ngan PAI di madrasah dan sekolah Reading guide dan membuat peta konsep tentang sejarah dan perkembangan PAI di madrasah dan sekolah di Indonesia.

(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Menjelaskan secara lisan dan tulisan latar belakang munculnya mata pelajaran PAI di madrasah dan sekolah.

q  Mendeskripsikan secara lisan dan tulisan  tentang sejarah dan perkembangan PAI di sekolah

 

CAT

(secara acak beberapa orang  mem-bacakan kesimpulan akhir)

 

1 x pert.

(150 m

Muhaimin, Arah Baru Pengem-bangan Pendidikan Islam.

Zuhairini, dkk.

Metodologi Pendidikan Agama

Ramayulis, Metodologi Pembelajaran PAI.

Memahami berbagai faktor yang mempenga-ruhi pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah dan lembaga pendidikan keagamaan Faktor-faktor pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah dan LPK Berdiskusi untuk menelaah, mengkritisi dan mengkaji faktor-faktor pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah dan LPK.

(life skill; bekerjasama, menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).

q  Mahasiswa dapat menyebutkan secara lisan dan tulisan tentang faktor-faktor pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah dan LPK.

q  Menunjukkan peran dan fungsi masing-masing faktor dalam mempengaruhi pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah dan LPK.

q  Menunjukkan hubungan yang organik masing-masing faktor dalam pembelajaran PAI.

q  Menunjukkan salah satu contoh faktor yang paling berpengaruh dalam pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah dan LPK

CAT

(penilaian terhadap kemampuan berpendapat dengan logika berfikir)

 

 

 

2 x pert.

(150 x 2)

Muhaimin, et. al. Paradigma pendidikan Islam.

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI

Zuhairini, dkk.

Metodologi Pendidikan Agama.

Ramayulis, Metodologi Pembelajaran PAI.

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mampu memahami dan menerapkan kurikulum &  hasil belajar mata pelaja-ran PAI di sekolah dan madrasah Kurikulum dan hasil belajar mata pelajaran PAI di sekolah dan madrasah Diskusi kelompok dan membuat peta konsep tentang kurikulum dan hasil belajar mata pelajaran PAI di sekolah dan madrasah

(life skill; bekerjasama, menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).

q  Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan tentang pengertian kurikulum berbasis kompetensi mata pelajaran PAI.

q  Menunjukkkan isi kurikulum dan hasil belajar mata pelajaran PAI di sekolah dan madrasah.

q  Menunjukkan letak perbedaan isi KHB PAI  dan kurikulum sebelumnya.

q  Menunjukkan isi pengembangan materi dalam KHB pada masing-masing jenis dan jenjang pendidikan sekolah dan madrasah.

q  Bersikap kritis, analitis, dan terbuka dalam menerapkan kurikulum dan hasil belajar mata pelajaran PAI di sekolah dan madrasah.

q  Konsisten dan komitmen dalam menerapkan KHB PAI dalam proses pembelajaran PAI.

Tugas maka-lah dan kemam-puan presen-tasinya.

 

Secara individu membuat laporan tertulis  apa yang didapat dari pembahasan  hari ini

 

1 x pert.

(150 m)

Diknas dan Depag, KHB PAI KBK 2004

Muhaimin, et. al. Paradigma pendidikan Islam.

Abdul Mudjib &

Dian Andayani,

PAI Berbasis Kompetensi

 

Memahami materi PAI aspek al-Qur’anHadits di SD/MI dan mampu menerapakan strategi pembelajarannya. Al-Qur’an- Hadits dan Strategi Pem-belajarannya Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search,, membuat peta konsep dan praktik baca-tulis tentang materi PAI aspek al-Qur’an-Hadits di SD/MI.

(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan sebagai bukti penguasan terhadap  materi PAI tentang al-Qur’an dan Hadits di SD/MI.

q  Mampu menunjukkan dan menerapkan strategi pembelajaran materi PAI tentang al-Qur’an-Hadits di SD/MI.

 

Tugas individu, kelompok, dan praktik baca tulis. 1 x pert.

(150 m

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI

Abdul Madjid & Dian Andayani,  PAI Berbasis Kompetensi.

Tim Guru MI PT Putratama Surabaya, Mengenal al-Qur’an-Hadits Berdasarkan KBK

Depag,  Buku PAI SD.

Memahami materi PAI aspek keimanan/Aqidah di SD/MI dan mampu menerapakan strategi pembelajarannya. Keimanan /Aqidah dan Strategi Pem-belajarannya Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search dan membuat peta konsep tentang materi PAI aspek keimanan/aqidah di SD/MI.

(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan sebagai bukti penguasan terhadap  materi PAI tentang keimanan/Aqidah di SD/MI.

q  Mampu Menunjukkan dan menerapkan strategi pembelajaran materi PAI tentang keimanan/Aqidah di SD/MI.

 

Tugas individu, dan kelompok. 1 x pert.

(150 m

Tim Guru MI PT. Putratama Surabaya, Mengenal Akidah dan Akhlak Berdasarkan KBK

 

Depag,  Buku PAI SD

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI

Memahami materi PAI aspek Fiqh di SD/MI dan mampu menerapakan strategi pembelajarannya. Fiqh dan Strategi Pem-belajarannya Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search, membuat peta konsep  praktik tentang materi PAI aspek fiqh di SD/MI dan praktik  tatacara beribadah.

(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan sebagai bukti penguasan terhadap  materi PAI tentang Fiqh di SD/MI.

q  Mampu Menunjukkan dan menerapkan strategi pembelajaran materi PAI tentang Fiqh di SD/MI.

 

Tugas individu, kelompok, dan praktik tatacara beribadah 1 x pert.

(150 m

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI

Tim Guru MI PT. Putratama Surabaya, Mengenal Fiqh. Berdasarkan KBK

Depag,  Buku PAI SD

 

Memahami materi PAI aspek Akhlak di SD/MI dan mampu menerapakan strategi pembelajarannya. Akhlak dan Strategi Pem-belajarannya Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search dan membuat peta konsep dan diskusi  tentang materi PAI aspek Akhlak di SD/MI.

(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan sebagai bukti penguasan terhadap  materi PAI tentang Akhlak di SD/MI.

q  Mampu Menunjukkan dan menerapkan strategi pembelajaran materi PAI tentang Akhlak di SD/MI.

q  Menunjukkan sikap dan prilaku sebagai orang yang berakhlak mulia, baik dikelas maupun diluar kelas.

 

Tugas individu, dan kelompok. 1 x pert.

(150 m

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI .

 

Tim Guru MI  PT Putratama Surabaya, Mengenal Akidah dan Akhlak Berda-sarkan KBK

 

Depag,  Buku PAI SD

 

Memahami materi PAI aspek Tarikh Islam/SKI di SD/MI, dan mampu menerapakan strategi pembelajarannya. Tarikh Islam/SKI dan Strategi Pem-belajarannya Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search dan membuat peta konsep tentang materi PAI aspek tarikh Islam/SKI di SD/MI.

(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).

q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan sebagai bukti penguasan terhadap  materi PAI tentang Tarikh/SKI di SD/MI.

q  Mampu Menunjukkan dan menerapkan strategi pembelajaran materi PAI tentang Tarikh/SKI di SD/MI.

 

Tugas individu, dan kelompok. 1 x pert.

(150 m

Tim Guru MI  PT Putratama Surabaya,  Mengenal Sejarah Kebudayaan Islam Berdasarkan KBK.

 

Depag,  Buku PAI SD

 

Ahmad tafsir, dkk. Materi PAI.

Ujian Akhir Semester (UAS)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *