POKOK KAJIAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

  1. Definisi Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam.
  2. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
  3. Metode Mempelajari Filsafat Pendidikan Islam
  4. Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogis Menurut Islam
  5. Sumber Dasar Pendidikan Islam
  6. Hakikat, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam
  7. Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Barat dan Tokoh-Tokohnya
  8. Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Islam dan Tokoh-Tokohnya.
  9. Fitrah Manusia dalam pendangan Barat dan Islam

 

 

Ad. 1. Filsafat              : Berpikir rasional-logis dan radikal, untuk memperoleh kebenaran.

Berpikir sedalam-dalamnya tentang segala sesuatu.

Filsafat sebagai mother of science.

 

Ad. 2. Pendidikan          : Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa mendatang;

(UU RI No.2/1989 tentang SPN Bab I Psl. I ayat I)

Bimbingan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribaadian yang utama.

 

Ad. 3. Filsafat Pendidikan Islam:

                                          Berpikir sedalam-dalamnya (radikal) berdasarkan sumber wahyu (al-Qur’an dan al-Hadis) tentang pendidikan.

 

 

Ad. 4. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam:

 

  1. Makro: Objek Kajian filsafat: Tuhan, alam dan manusia.
  2. Mikro : Komponen Pendidikan yang 5; tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, dan alat pendidikan (kurikulum, metode dan penilaian pendidikan), dan lingkungan pendidikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar