PERBANDINGAN KONSEP

I.  Konsep Tentang Tuhan

  1.        1.         Apakah wujud Tuhan dapat dibuktikan dengan akal?

    Al-Kindi (Ya)   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail (Ya) Ibn                 Rusyd (Ya)

  1.        2.         Apakah sifat-sifat Tuhan sama dengan wujud-Nya?

   Al-Kindi (Ya)   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak))  Ibn Thufail (Ya) Ibn Rusyd (Tidak)

  1.        3.         Apakah Tuhan menciptakan alam dengan bebas dan dalam tempo?

 Al-Kindi (Ya?)   Al-Farabi (Tidak)  Al-Ghazali (Ya)  Ibn Thufail (Tidak) Ibn Rusyd    (Tidak)

  1.        4.         Apakah Tuhan mengetahui hal-hal yang rinci (juz’i)?

     Al-Kindi (Tidak?)   Al-Farabi (Tidak)  Al-Ghazali (Ya)  Ibn Thufail ( ya ) Ibn   Rusyd (Tidak)

  1.        5.         Apakah Tuhan yang menentukan perbuatan baik buruk manusia?

     Al-Kindi (Tidak)   Al-Farabi (Tidak)  Al-Ghazali (Ya)  Ibn Thufail ( Ya? ) Ibn Rusyd (Tidak)

  1.        6.         Apakah zat dan sifat Tuhan merupakan satu kesatuan?

    Al-Kindi (Ya)   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail ( Ya ) Ibn Rusyd (Tidak)

  1.        7.         Apakah Tuhan  sebab bagi wujud alam ini?

   Al-Kindi (Ya)   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Ya)  Ibn Thufail (Ya  ) Ibn Rusyd (Ya)

 

 

 

 

 

 

 

 

II.  Konsep Tentan Alam

1. Apakah alam dunia ini hasil emanasi?

     Al-Kindi ( Tidak? )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail (Ya?) Ibn Rusyd    (Tidak)

 

  1. Apakah alam ini qadim dan kekal?

Al-Kindi (Tidak )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail (Ya ) Ibn Rusyd (Tidak)

  1. Apakah alam ini baru dan bermula?

Al-Kindi (Ya )   Al-Farabi ( Tidak )  Al-Ghazali (Ya )  Ibn Thufail (Tidak) Ibn Rusyd (Ya )

  1. Apakah alam diciptakan Tuhan dari tiada (creatio exnihilo)?

Al-Kindi (Tidak? )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Ya)  Ibn Thufail (Ya ) Ibn Rusyd (Ya?)

 

 

III. Konsep Tentang Manusia

  1. Apakah manusia mampu mencapai kebenaran melalui akal?

Al-Kindi (Tidak? )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail (Tidak? ) Ibn Rusyd (Ya)

  1. Apakah manusia menerima pengertian dari akal fa’al sentral yang berdiri sendiri di luar akal manusia?

Al-Kindi ( Ya?  )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail (Ya? ) Ibn Rusyd (  )

  1. Apakah manusia berkehendak bebas?

Al-Kindi (Ya ? )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail ( Ya? ) Ibn Rusyd   (Ya)

4.  Adakah kebangkitan jasmani sesudah mati?

Al-Kindi ( Ya? )   Al-Farabi (Tidak)  Al-Ghazali (Ya)  Ibn Thufail (Tidak ? ) Ibn Rusyd (Tidak)

    5. Apakah jiwa manusia abadi?

Al-Kindi ( Ya )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Tidak)  Ibn Thufail (Tidak) Ibn Rusyd ( ? )

  1. Apakah hakikat manusia adalah jiwa dan roh?

Al-Kindi ( Ya )   Al-Farabi (Ya)  Al-Ghazali (Ya)  Ibn Thufail (Ya ) Ibn Rusyd ( Ya )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar