KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Salam sejahtera semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad saw. pembawa risalah dan pembimbing umat. Buku yang berjudul: Tuhan, Alam dan Manusia: Perbandingan Pemikiran Falsafi Al-Kindi, Al-Farabi, Al-Ghazali, Ibn Rusyd dan Ibn Thufail yang ditulis oleh Saudara Drs. M. Zainuddin, MA. ini dimaksudkan sebagai salah satu guidance mata kuliah Filsafat Islam  mahasiswa fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Tentu buku ini bukan satu-satunya untuk mengantarkan mahasiswa pada kajian Filsafat Islam, tetapi paling tidak diharapkan mereka memiliki gambaran umum mengenai materi dan isi mata kuliah tersebut.  Buku ini banyak menyoroti masalah perbandingan konsep pemikiran para filosof Muslim mengenai isu-isu Teologis, kosmologis dan antropologis. Dengan kajian ini diharapkan mahasiswa dapat terbantu untuk mempelajari pokok-pokok pemikiran falsafi yang diformulasikan oleh para filosuf Muslim untuk kemudian membandingkan dengan referensi lain yang terkait dengan tema tersebut.

Saya menyambut baik atas terbitnya buku ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, terutama mahasiswa fakultas Tarbiyah UIN Malang. Akhirnya kepada Allah SWT. kita memohon hidayah dan ridha-Nya. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar