GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN

Mata Kuliah         : Studi Filsafat Islam

Bobot                    : 2 SKS

Pembina                : Drs. M. Zainuddin, MA.

 

I.Tujuan:

 

  1. Agar mahasiswa mampu memahami sejarah pertumbuhan dan perkembangan filsafat Islam dan pemikiran-pemikiran para tokohnya, baik para tokoh filsafat Islam di dunia Timur maupun di dunia Barat;
  2. Agar mahasiswa mampu berpikir filosufis dan mampu membedakan paradigma berpikir filosufis, ilmiah dan agamis serta relasi antara ketiganya;
  3. Agar mahasiswa mampu memahami fenomena kehidupan dan ajaran agama secara radikal-substansial dengan pendekatan filosufis dan ilmiah.

 

II. Topik Pembahasan:

 

  1. Pengertian Filsafat Islam: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya;
  2. Latar Belakang Timbulnya Filsafat Islam;
  3. Filsafat Islam di Dunia Timur dan Pemikiran Para Tokohnya:

a. Al-Kindi                 : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

b. Al-Farabi               : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

c. Ibn Sina                : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

d. Ibn Maskawaih      : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya   tentang Akhlak;

e. Al-Ghazali           : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya  tentang Akhlak dan Pendidikan;

g. As-Syuhrawardi   : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya tentang Epistemologi;

  1. Filsafat Islam di Dunia Barat dan Tokoh-tokohnya:

a. Ibn Bajah              : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

b. Ibn Thufail            : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

c. Ibn Rusyd              : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

 

  1. Filsafat Islam Pasca Ibn Rusyd dan Tokoh-tokohnya:

a.Nasiruddin Thusi   : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

b.Mulla Sadra           : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

c.Subziwari               : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

d.Muhammad Iqbal   : Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiranya;

III. Referensi:

 

Al-Ghazali. 1972. Tahafut al-Falasifah. Bairut, Dar al-Kutub al-‘Araby.

Ibn Rusyd. tt. Tahafut at-Tahafut. Mesir, Dairat al-Ma’arif.

Hassan Hanafi. 1986. Al-Islam: Ashalah wa Mumarasah. Marsil Syurboniyyah.

————————-. Dirasah fi-‘l-falsafah al-‘Arabiyyah.

Arkoun. 1986. Tarikhiyyah al-Fikr al-‘Araby al-Islamy. Bairut, Markas al-Inma’ al-‘Araby.

‘Athif al-‘Iraqi. 1984. Tsaurat al-‘Aqli Fi-’l-Falsafat al-;Arabiyyah. Kairo, Dar al-Ma’arif.

De Boer. tt. The History of Philosophy in Islam. New York, Dover Publication Inc.

Amin Abdullah. 1995. Falsafah Kalam Di Era Posmodernisme. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Jujun S. Suriasumantri. 1990. Filsafat ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta Pustaka Sinar Harapan.

——————————. 1989. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta, Yayasan Obor Indonesia.

A.Mustofa. 1997, Filsafat Islam Untuk Fakultas Tarbiyah, Dakwah dan Usuluddin, Komponen MKDK, Bandung, Pustaka.

Abd. Qodir Djaelani. 1993,  Filsafat Islam, Surabaya, Bina Ilmu,

Abdul Baqi, Fuad. tt, Al-Mu’jam al-Mufahras li al-faz Al-Quar’an al Karim, Bairut,   Dar at-Turas al-‘Arabi.

Abdullah, Taufik dan Rusli Karim (eds). 1989,  Metodologi Penelitian

Agama,Yogyakarta, Tiara Wacana.

Ahmad Daudy. 1984, Segi-segi Pemikiran Falsafi Dalam Islam, Jakarta,

Bulan Bintang

Ahmad Hanafi. 1982, Pengantar Filsafat Islam, Bulan Bintang, Jakarta

Al Ahwani, Fuad. A. 1993, Filsafat Islam, cet. V, Pustaka Firdaus, Jakarta.

Ali, Asghar. 1993, Islam dan Pembebasan, (terj), Yogyakarta, LKiS

Al-Qardhawi, Yusuf. 1989, Ar-Rasul wa-‘l-‘ilm, terj. Bandung, Rosda

Bakker, Anton.  1986, Metode-metode Filsafat, Jakarta, Galia Indonesia

Bandung,

Baqir, Ash-Shadr. 1994,  Falsafatuna, terjemahan Nur Mufid, Mizan, Jakarta

Departemen Agama RI. 1989, Al-Quran dan Terjemahannya, Semarang, Toha Putra

Hanafi, Ahmad. 1990, Pengantar Filsafat Islam, Jakarta, Bulan Bintang,

Ibrahim Madkour. 1987, Filsafat Islam Metode dan Penerapan, Yogyakarta

——————–, 1995, Aliran dan Teori Filsafat Islam, Jakarta, Bumi Aksara

Irma Fatimah (ed). 1992, Filsafat Islam : Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi, Yogyakarta, LESFI

Majid, Nurcholis. 1997, Kaki Langit Peradaban Islam, Jakarta, Paramadina

Mastuhu dan Deden Ridwan (eds). 1988, Tradisi Penelitian Agama Islam: Tinjauan Antar Disiplin Ilmu, Bandung, Pusjarlit.

Muhammad Yasir Nasution, 1988, Manusia Menurut Al-Ghazali, Jakarta, Rajawali Pers.

Nasr, Hoessein. 1996, Intelektual Islam: Teologi, Filsafat dan Genosis,

terj. Bandung, Pustaka

Nasution, Harun. 1973, Filsafat dan Mistisisme Dalam Islam, Jakarta, Bulan Bintang,

Nasution, Harun. 1979, Kedudukkan Akal Dalam Islam, Jakarta, Yayasan Idayu.

Nasution, Hasyimsyah. 1999, Filsafat Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama

Oliver Leaman. 1989, Pengantar Filsafat Islam, Jakarta, Rajawali Pers

Poerwantara, dkk. 1993, Seluk Beluk Filsafat Islam, PT. Remaja Rosdakarya, Putera

Syarif, M.M., 1996. Para Filosof Muslim, Bandung,  Mizan.

Yunasril Ali 1991, Perkembangan Pemikiran Falsafah Dalam Islam, Jakarta, Bumi Akasara

Zainuddin, M. Filsafat Ilmu: Perspektif Pemikiran Islam, Malang, Bayu Media, 2003

 

IV. Metode Kuliah:

Kuliah dilaksanakan dengan metode ceramah, dialog dan diskusi. Sebelum kuliah berlangsung, mahasiswa diberi tugas untuk menulis makalah sesuai dengan topik yang telah ditentukan secara kelompok untuk didiskusikan sesuai giliran yang telah ditentukan jadwalnya. Untuk tugas individu mahasiswa diberi tugas menulis resensi buku yang terkait dengan mata kuliah. Ditekankan buku yang diresensi adalah buku baru atau kurang dari satu tahun terbit. Kecuali buku lama yang menomental yang ditulis oleh para pakar, seperti Tahafut al-Falasifah karya al-Ghazali atau Tahafut at-Tahafut karya Ibn Rusyd.

 

IV. Sistem Penilaian:

 

Penilaian akhir meliputi:

  1. keaktifan mahasiswa di kelas dalam berdialog dengan dosen pembimbing;
  2. diskusi kelompok;
  3. tugas makalah atau resensi yang ditulis;
  4. ujian tengah semester (UTS);

5. ujian akhir semester (UAS);

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar