GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN

Mata Kuliah         :  Sosiologi  Agama

Komponen            :  M.K. K

Bobot                    :  2 SKS

Jurusan               :  Tarbiyah

Semester               :  IV

Pembina                :  Drs. M. Zainuddin, MA.

 

————————————————–

 

I.Tujuan:

 

  1. Agar mahasiswa mampu memahami persoalan agama dan relevansinya dengan kehidupan masyarakat dalam perspektif sosiologis;
  2. Agar mahasiswa mampu memahami fenomena keagamaan yang berkembang dalam masyarakat;
  3. Agar mahasiswa mampu memahami persoalan keagamaan dan relasinya dengan masalah sosial-kemasyarakatan.

 

 

II. Pokok Pembahasan:

  1. Pengertia, fungsi dan metode
  2. Hubungan agama dan masyarakat
  3. Pelembagaan agama dalam masyarakat
  4. Hubungan agama dengan stratifikasi sosial
  5. Agama dan konflik sosial (SARA)
  6. Hubungan agama dan politik
  7. Agama dan sekularisme
  8. Kebijakan pemerintah tentang pembinaan kerukunan antarumat beragama di Indonesia
  9. Tokoh-tokoh sosiologi Islam

 

III. Referensi:

 

Arkoun, Muhammad. Membongkar Wacana Hegemonik dalam Islam, Surabaya, al-Fikr, 1999.

Ayrookuzhiel, “Agama, Spiritualitas dan Aspirasi Masyarakat” dalam Spiritualitas Baru: Agama dan Aspirasi  Rakyat, Yogyakarta, Institut/Interfedei, 1994, Seri Dian/Interfedei 2/Tahun I.

Coward, Harold. 1989. Pluralisme dan Tantangan Agama-Agama, Yogyakarta,

Kanisius.

Geerz, Cliffort (1985). Abangan, Santri, Priyayi Dalam Masyarakat Jawa, Jakarta, Surya Grafindo.

Gellner, Ernest, Menolak Post Modernisme antara Fundamentalisme Rasional dan Fundamentalisme Religius, Bandung, Mizan, 1994.

Geerz, Cliffort (1985). Abangan, Santri, Priyayi Dalam Masyarakat Jawa, Jakarta, Surya Grafindo.

Hassan Hanafi, Agama, Ideologi dan Pembangunan, Jakarta, P3M, 1991.

Hendro Puspito, O.C.1984. Sosiologi Agama, Yogyakarta, Kanisius.

Ibnu Khaldun, tt. Muqaddimhah, Maktabah an-Nahdhah, Mesir.

Ismatu Ropi, Fragile Relation Muslim and Christians in Modern Indonesia, Jakarta Logos, 2000.

Imam Aziz et.al. (ed), Agama, Demokrasi dan Keadilan, Jakarta, Gramedia, 1993.

Jurnal Ulumul Qur’an. 1993. No. 4, Volume IV.

Komaruddin Hidayat dan Muhammad Wahyuni Nafis, Agama Masa Depan Perspektif Filsafat Perennial, Jakarta, Paramadina, 1995.

Lyden, John, Enduring Issues in Religion, Sandiego, Greenhaven Press Inc., 1995.

Mukti Ali et.al. (Ed)., Agama dalam Pergumulan Masyarakat Kontemporer, Yogyakarta, Tiara Wacana, 1998.

Muchtar Pabotinggi (Ed), Islam Antara Visi, Tradisi dan Hegemoni Bukan Muslim, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 1986.

Masyhur Amin (Ed), Moralitas Pembangunan: Perspektif Agama-Agama, Yogyakarta, Lakpesdanm NU, 1994.

Mangunwijaya, Y.B., “Pergeseran Titik Berat dari Keagamaam keReligiositas” dalam Spiritualitas Baru : Agama dan Aspirasi  Rakyat, Yogyakarta, Institut/Interfedei, 1994, Seri Dian/Interfedei 2/Tahun I.

Muslim Abdurrahman, Islam Transformatif, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1997.

Nottingham, E.K. 1985. Agama dan Masyarakat: Suatui Pengantar Sosiologi Agama,

Nurcholish Madjid,, Islam Agama Kemanusiaan, Membangun Tradisi dan Visi Baru Nurchlish Majid, Islam doktrin dan Peradaban, Jakarta, Paramadina, 1995

Robert N. Bellah, Beyeon Belief: Esesi-esei Agama Besar di Dunia, Jakarta, Paramadina, 2000

Peter Beyer, Religion and Globalization, London, SAGE Publication, 1997.

Peter L. Berger, Langit Suci: Agama dan Realitas Sosial,        Jakarta, LP3ES

Spilka, Bernard dkk., The Psychology of Religion an Empirical Approach, New Jersey, Prentice-Hall Inc., 1985

Taufik Abdullah, Agama, Etos Kerja dan Perkembangan Ekonomi, Jakarta, LP3ES.

Sumarthana, T.H, “Menuju Dialog Antar Iman”, Pengantar dalam Dialog : Kritik dan Identitas Agama, Yogyakarta, Dian/Interfedei, 1995, Seri Dian I/Tahun I.

 

Suparlan P. (1982) “Kebudayaan, Masyarakat dan Agama: Agama Sebagai Sasaran Penelitian Antropologi” dalam Parsudi Suparlan (ed), Pengetahuan Budaya, Ilmu-Ilmu Sosial dan Pengkajian Masalah-Masalah Agama, Jakarta, Badan Litbang Agama, Departemen Agama RI.

Suparlan P. (1991) “Agama Sebagai Sasaran dan Penelitian” dalam Sujangi (ed), Kajian Agama dan Masyarakat, Jakarta, Badan Litbang Departemen Agama RI.

Wafi, A.A. 1985. Ibn Khaldun: Riwayat dan Karyanya, Jakarta, Grafiti Pers.

Zainuddin, M. 2000. Merajut Benang Kusust: Studi Kerukunan Antarumat Beragama di Malang Selatan, Penelitian Hiban Hersaing STAIN Malang.

——————-, “Fenomena Keberagamaan: Kontradiksi Ortodoksi dan Ortopraksis” dalam Majalah El-Harakah, April 1999.

——————–, “Membangun Masyarakat Madani (Perspektif Historik-Profetik)” dalam EL-HARAKAH, 1999.

—————–, “Terminologi Modernitas dalam Pemikiran Islam” dalam Harian Surya, 21 Juni 1991

——————–, Interelasi Agama dan Politik, Makalah,   September 1999.

——————–,  “Islam: Agama Kemanusiaan”  dalam Majalah eL-Harakah, STAIN Malang,   Oktober-Desember 1999.

———————–, “Melerai Konflik Atasnama Agama” dalam SURYA, 7 Juli 2000.

———————–,”Membongkar Wacana Fundamentalisme Agama”, Jurnal Toleransi, vol. I no. 2, 2000.

———————–, “Depolitisasi Agama Menuju Kerukunan Umat”, dalam Harian Surya, 22 September 2000.

———————–, “Islam Tak Kompatibel dengan Demokrasi?” dalam Jawa Pos, 10 Februari  2002.

————————-, “Islam dan Wacana Humanisme” dalam Harian Surya, 01 Desember 2000.

————————-, “Mobilitas Sosial dalam Masyarakat islam” dalam Harian Pelita,  1990

Zainuddin, Maliki, Penaklukan Negara Atas Rakyat, UGM Press, 1999.

 

 

IV. Metode Kuliah:

Kuliah dilaksanakan dengan metode ceramah, dialog dan diskusi. Sebelum kuliah berlangsung, mahasiswa diberi tugas untuk menulis makalah sesuai dengan topik yang telah ditentukan secara kelompok untuk didiskusikan sesuai giliran yang telah ditentukan jadwalnya. Untuk tugas individu mahasiswa diberi tugas menulis resensi buku yang terkait dengan mata kuliah. Ditekankan buku yang diresensi adalah buku baru atau kurang dari satu tahun terbit. Kecuali buku lama yang menomental yang ditulis oleh para pakar, seperti….

 

V. Sistem Penilaian:

 

Penilaian akhir meliputi:

  1. keaktifan mahasiswa di kelas dalam berdialog dengan dosen pembimbing;
  2. diskusi kelompok;
  3. tugas makalah atau resensi yang ditulis;
  4. ujian tengah semester (UTS);

5. ujian akhir semester (UAS);

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar