GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN

Mata Kuliah    :  Perbandingan Agama

Komponen      :  M.K. K

Bobot              :  2 SKS

Jurusan            :  Tarbiyah

Semester          :  IV

Pembina          :  Drs. M. Zainuddin, MA.

 

————————————————–

 

I.Tujuan:

 

  1. Agar mahasiswa mampu memahami pengertian Perbandingan agama, sejarah, pertumbuhan dan perkembangannya;
  2. Agar mahasiswa mampu memahami beberapa aspek yang terkandung dalam berbagai agama;
  3. Agar mahasiswa memiliki keyakinan dan sikap yang mantap terhadap agamanya sendiri dan bersikap toleran terhadap agama lain serta dapat turut menciptakan kondisi kerukunan antarumat beragama melalui pesan-pesan pendidikan.

 

 

II. Topik Pembahasan

 

  1. Pengertian ilmu perbandingan agama
  2. Metode dan sistem ilmu perbandingan agama
  3. Berbagai masalah keagamaan dan Islam di Indonesia
  4. Aliran kepercayaan di Indonesia
  5. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia
  6. Agama-agama yang diakui  di Indonesia
  7. Hubungan Antarumat Beragama di Indonesia
  8. Pluralisme dan Dialog antarumat Beragama

 

III. Referensi

Mukti Ali et.al. (Ed)., Agama dalam Pergumulan Masyarakat Kontemporer, Yogyakarta, Tiara Wacana, 1998.

—————-,Ilmu Perbandingan Agama

—————-, Asal-usul Agama

Syahrastani, al-Milal wa ‘l-Nihal,

Dister ofm, Nico Syukur, Pengalaman dan Motivasi Beragama, Yogyakarta, Kanisius, 1998.

Sumarthana, T.H, “Menuju Dialog Antar Iman”, Pengantar dalam Dialog : Kritik dan Identitas Agama, Yogyakarta, Dian/Interfedei, 1995, Seri Dian I/Tahun I

Robert N. Bellah, Beyeon Belief: Esesi-esei Agama Besar di Dunia, Jakarta, Paramadina, 2000

Dadang Kahmad. 2000. Metode Penelitian Agama, Bandung, Pustaka Setia,.

 

Ilmu Perbandingan Agama: Beberapa Permasalahan, Jakarta, INIS, 1990.

Arkoun, Muhammad. Membongkar Wacana Hegemonik dalam Islam, Surabaya, al-Fikr, 1999.

Muchtar Pabotinggi (Ed), Islam Antara Visi, Tradisi dan Hegemoni Bukan Muslim, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 1986.

Ismatu Ropi, Fragile Relation Muslim and Christians in Modern Indonesia, Jakarta Logos, 2000.

Nurcholish Majid, Islam, Doktrin dan Peradaban, Jakarta, Paramadina, 1995

 

 

 

 

 

IV. Metode Kuliah:

Kuliah dilaksanakan dengan metode ceramah, dialog dan diskusi. Sebelum kuliah berlangsung, mahasiswa diberi tugas untuk menulis makalah sesuai dengan topik yang telah ditentukan secara kelompok untuk didiskusikan sesuai giliran yang telah ditentukan jadwalnya. Untuk tugas individu mahasiswa diberi tugas menulis resensi buku yang terkait dengan mata kuliah. Ditekankan buku yang diresensi adalah buku baru atau kurang dari satu tahun terbit. Kecuali buku lama yang menomental yang ditulis oleh para pakar, seperti Muqaranat al-Adyan oleh Ahmad Syalabi

 

V. Sistem Penilaian:

 

Penilaian akhir meliputi:

  1. keaktifan mahasiswa di kelas dalam berdialog dengan dosen pembimbing;
  2. diskusi kelompok;
  3. tugas makalah atau resensi yang ditulis;
  4. ujian tengah semester (UTS);

5. ujian akhir semester (UAS);

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *