BIODATA PENULIS

Drs. M. Zainuddin, MA. adalah dosen Filsafat dan  Pemikiran Islam pada Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Lahir di Bojonegoro, 7 Mei 1962. Memperoleh gelar Doktorandus (Drs.) dari Fakultas Adab jurusan Sejarah Kebudayaan Islam IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta tahun1986. Master of Art (M.A)  diperoleh dari perguruan tinggi yang sama dalam Ilmu Pendidikan Islam tahun1992. Sarjana yang pernah nyantri di Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas, Jombang ini memulai kariernya dengan menjadi dosen pada Fakultas Syari’ah Universitas Islam Malang (UNISMA) tahun 1988. Tahun 1990 menjadi Pembantu Dekan III bidang kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah UNISMA dan Pembantu Dekan I bidang akademik pada Fakultas yang sama tahun 1993-1995. Tahun 1996-1997 menjadi dosen di IAIN Raden Fatah Palembang.

Disamping mengajar, aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah: diskusi, seminar dan penelitian. Memprakarsai Lembaga Studi dan Pengembangan Umat (LSPU) “Gnosis” di Malang (sekarang Pusat Transformasi Sosial dan Budaya-PTSB), Pusat Kajian dan Informasi Ahlussunnah wal-Jama’ah (ASWAJA Center), pembina Ma’had ‘Aly “Al-Hikam” Malang. Kolumnis di berbagai media massa: Surya, Jawa Pos, Kompas dan beberapa majalah dan Jurnal kampus. Beberapa artikel yang diterbitkan dalam buku antara lain: “PTIS dalam PJPT II” dalam Abdul Wahid et.al. (eds.), Kompetensi PTIS dalam PJPT II, Yogyakarta, Tiara Wacana, 1996, Studi Islam, UNISMA, Malang, 1990, “Tasawuf Kontekstual” dalam Mencari Damai dengan Tasawuf, Surabaya, S.I. Press, 2002, “ASWAJA, NU dan Problema Pemikiran Islam”, dalam Dinamika Pemikiran Islam Aswaja, Malang, Aswaja Center, 2001, Pendidikan Agama Berwawasan Kerukunandalam Mujio Raharjo (ed.), Quo Vadis Pendidikan Islam, Malang, Cendekia Paramulia, 2002. Editor buku Memadu Sains dan Agama: Menuju Universitas Islam Masa Depan, Malang, Bayumedia-UIN Press, 2003, Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Malang, Adityamedia-UIN Press, 2004. Syaikh Abdul Qadir sl-Jailani: Pemikiran, Kharisma dan Pengaruhnya: Yogyakarta: LkiS, 2004.

Penelitian yang pernah dilakukan antara lain: Profil Pesantren di Sumatera Selatan, (tim) 1997; Tuhan, Alam dan Manusia dalam Perspektif Filosuf Muslim, 2000; Al-Jailani: Tokoh Sufi Kharismatik dalam Persaudaraan Tarekat, 2002 (Hasilnya diterbitkan oleh LKIS, 2004); Merajut Benang Kusut: Studi Kerukunan Antarumat Beragam di Malang (penelitian Hibah Bersaing Depag RI 2000 dan sinopsisnya dipublikasikan dalam Harian Kompas); Dialog Kerukunan Antarumat Beragama di Kabupaten Malang, penelitian Hibah Bersaing Depag RI.; Fenomena Haji di Kalangan Masyarakat Petani Santri di Gondanglegi, Malang; 2002, Ketergantungan Masyarakat Terhadap Keberadaan PSK di Tretes, Pasuruan, 2003. Sekarang tengah menyelesaikan program Doktor pada IAIN Sunan Ampel Surabaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *